MITOS JAWA KUNO


 
 dikupas tuntas secara  tajam setajam  SILET 
Orang jawa memang sarat dengan mitos legenda yang bernuansa mistis,mulai dari hari baik pernikahan bangun rumah ruwatan dan masih banyak tradisi budaya jawa
namun sebenarnya semua daerah mempunyai mitos /legenda 
 bukan hanya di pedesaan namun di kota kota besar pun mitos tetap ada, walaupun tidak sehebat di pedesaan, nah.... mari kita bedah sedikit tentang mitos mitos yang beredar dan telah mengakar di jawa kususnya, mitos /legenda adakalanya hanya cerita hayalan/ tak ada artinya, namun ada juga yang memang benar benar akurat dan terbukti nyata dan memiliki dasar alasan yang kuat dan positif
itulah kearifan lokal, budaya yang kadang hanya berlaku di daerah tertentu, Orang jawa sangat peka terhadap gejala alam, sudah turun temurun, meneliti tentang tanda tanda gejala alam
ada yang benar dan terbukti adapula yang sekedar isapan jempol,
berikut kita kupas tuntas mendalam  tajam dan mendalam, setajam SILET Hehehe...



Jangan duduk di pintu, Karena bisa balik lamarannya.
bisa seret/susah  rezekinya. nah untuk yang balik lamaran saya gak menemukan dasarnya (hanya ucapan orang tua) sedangkan seret rezekinya saya menemukan alasan/ dasarnya, ada dalam kitab ta'lim
diantara hal hal yang bisa menyebabkan sebel dan seret rezeki adalah duduk di tengah pintu, menyapu lalu di kumpulkan di sudut ruangan, menyapu di malam hari dan lain lain, percaya atau tidak terserah anda(keterangan dari kitab ta'lim)

Kalo nyapu yang bersih, biar dapet istri cakep
nyapu gak bersih dapat suami brew0k
tidak di temukan alasan yang jelas tapi memang itu sangat baik, jadi hanya sebagai motivasi

Kalo makan di habiskan, soalnya kalo tidak habis, ntar ayamnya pada mati.ini bersifat nasehat saja karna makanan menjadi mubadzir, menyia nyiakan makanan itu dosa...(mubadzir)
(dari sebuah riwayat nasi yang tidak termakan akan menangis alkitab)

Jangan bangun tidur siang-siang, ntar rizkimu di patuk ayam
 ini ada dasarnya, dalam kitab ta'lim, siapa yang tidur setelah subuh rizkinya berkurang dan bisa mengeraskan hati (hatinya galau bin sumpek)



  Jangan pernah kencing di atas bara api entar kencingnya gak lancar (batu ginjal)  hati hati saja syetan itu suka berada di bara api

ada sebagian masyarakat percaya bahwa tempat masak trAdisional/ LUWENG yaitu tempat memasak dari tanah itu di huni oleh mahluk halus bernama NINI THOWOK, jadi dilarang membelakangi LUWENG dan melangkahinya NINI THOWOK Bisa marah, tidak di temukan dasar yang akurat namun mungkin saja dulu memang begitu, setan kalau di puja dan di takuti akan seenaknya dan tidak mau di remehkan, tapi kalo dilawan mereka 
mereka juga  gak lagi semena mena merusak keimanan manusia




Bagi Perempuan jangan tidur tengkurap ntar susah dapet jodoh 
benar atau tidak ,dasar tidak ditemukan, tapi ada satu yang pasti.... ada yang teraniaya hahahahaha.....


Bagi seorang anak dilarang menolak perintah orangtua, bilang ah..pun dilarang ntar dosa, ini bukan mitos tapi kewajiban perintah agama (birul walidain berbakti pada orang tua) ini kalo dilakukan bisa kualat beneran

Jangan ngintip orang lagi mandi ntar bintitan ())))))
 nah anda yang pernah ngintip bintitan nggak hehehehe
ini sih larangan agama, disebutkan dalam kitab kalau mata sering digunakan melihat aurot lawan jenis (parno grapi) bisa menyebabkan mata mblabur (pandangan kabur)



Jangan kencing di kuburan ntar anu mu tak tenang 
nah ini sangat mungkin,bisa karna diganggu jin setan atau yang punya kubur tidak ridho dan mendoakan jelek pada pelaku 
nabi mengajarkan kalau ziarah kubur harus sopan layaknya menziarahi orang yang masih hidup, sopan bukan berarti mengkultuskan namun lebih pada adab sopan santun 


BERHUBUNGAN BADAN TAK RESMI (ZINA) Ditempat tertentu misalnya di makam/kuburan atau tempat yang sakral /  suci bisa mengakibatkan Maaf GANCET alat vitalnya lengket gak bisa dicabut dan berakhir dengan kematian kedua pelaku zina, ini nyata dan puluhan kali terjadi,


Jangan duduk di atas bantal nanti banyak utang (kata orang tua)
Jangan duduk di atas bantal ntar bisulan (kata orang tua)

Jangan menggunting kuku di malam hari ntar kukumu dimakan setan, potong kuku rambut, juga ada hari baiknya 




Manuk prenjak pager (burung prenjak pagar berkicau terus):
Orang Jawa punya cara yang unik untuk mendeteksi kehadiran tamu. Bahkan cara mereka ini tergolong lebih canggih ketimbang CCTV atau radar, sebab mampu memprediksi jauh-jauh hari seperti apa tamu yang akan berkunjung ke rumahnya, yaitu ketika di depan rumahnya ada burung prenjak (prenjak pager) yang terus-terusan berkicau.
Jika posisi si burung tepat di depan rumah atau sisi kanan rumah, tandanya akan ada tamu istimewa yang membawa kebaikan.
Jika posisi di sebelah kiri atau di belakang rumah, tandanya tamu yang akan datang membawa petaka.
 katanya Dulu cukup akurat dan terbukti
namun sekarang burung prenjak punah/langka karna diburu untuk dijual

Kupu menclok ning omah (kupu-kupu hinggap di dalam rumah):
Masih tentang cara memprediksi tamu yang akan datang, ternyata kupu-kupu juga bisa memberi gambaran seperti apa tamu yang akan menyambangi rumah kita.
Jika kupu-kupunya masuk rumah dan hinggap di meja atau kursi tandanya akan ada tamu yang datanG. Perhatikan juga bentuk dan warna kupu-kupunya sebagai cerminan seperti apa tamu yang akan datang.
Kalau kupu-kupunya berwarna putih cantik, yang akan datang juga putih cantik. Siapa tahu NIKITA WILLY yang datang.
Tapi kalo yang masuk rumah kupu-kupunya hitam serem, berarti yang akan datang body guard atau orang yang akan nagih hutang, mungkin juga Nurdin M.Top.
Kalau kupu-kupu itu mengelilingi atau hinggap di badan si pemilik rumah, maka tamu yang akan datang adalah orang yang sangat dekat, bisa sahabat, saudara, pacar atau yang lain.
jaman dulu memang nyata tapi entah sekarang

Manuk dares manggung (burung pungguk manggung):
Masih tentang burung, orang Jawa juga bisa memprediksi kejadian-kejadian di lingkungan sekitarnya melalui kicauan burung. Ini misalnya:
Kalau ada burung pungguk manggung sudah lewat tengah malam sampai jelang pagi, tandanya ada tetangga yang melahirkan.
Jika waktu manggungnya sebelum lewat tengah malam tandanya ada tetangga yang hamil di luar nikah.
kurang akurat kurang terbukti



Manuk gagak mider-mider (burung gagak berputar-putar di atas rumah)
Hati-hati kalau lihat burung gagak Berbunyi/berkoak koak berputar-putar di atas rumah. Sebab konon akan ada penghuni rumah yang segera meninggal. Mau tahu alasannya? Katanya sih burung gagak itu nggondol nyowo (membawa  nyawa). Logis kan? Sebab kalau tidak membawa nyawa, mana bisa dia terbang berputar-putar di atas rumah? hehe.....
Namun hal ini memang benar benar sering terjadi dimana tempat yang di hinggapi gagak ini 1 sampai 3 hari kedepan ada yang meninggal ini sudah terjadi ratusan kali (namun jangan di dramatisir ) dilebih lebihkan

Pitik Jago kluruk (ayam jantan berkokok):
Ayam ternyata mampu memberikan “tanda” kepada masyarakat Jawa tentang apa yang akan atau sedang terjadi.
Kalau ada ayam jantang berkokok sore hari atau sebelum tengah malam, akan ada “pagebluk”(wabah penyakit) atau gangguan dari makhluk halus. atau ada gadis bunting tanpa suami alias hamil di luar nikah
Kalau berkokoknya lewat tengah malam jam 1 sampai subuh
dalam kitab dijelaskan malaikat turun sepertiga malam yang terakhir ditandai kokok ayam




Mimpi bertemu Ular
Kayaknya sudah pada tahu deh, kalau kita mimpi ketemu ular, apalagi digigit, itu tandanya kita akan ketemu jodoh, 
namun bisa juga berarti bahaya dari musuh/orang dengki
Tergantung rupa bentuk ular dan tempatnya 
jika mimpi buruk nabi memerintahkan kita untuk meludah kekiri 3 kali sambil berdoa semoga dihindarkan dari taqdir yang buruk 
meludahnya cukup  isaroh saja 

Mimpi bertemu harimau
Kalau ada yang bermimpi di tengah malam bertemu harimau atau sejenis, siap-siap saja besok atau beberapa hari lagi akan bertemu dengan seorang tokoh besar.
 masalahnya tidurnya punya wudhu nggak, kalo punya bisa saja mimpinya bermakna  kalau gak punya wudhu bisa jadi kembang tidur

Mimpi bertemu anjing
Lain lagi kalau mimpinya ketemu anjing, berarti orang tersebut akan mengalami sesuatu yang tidak menyenangkan. Apalagi sampai digigit anjing itu. Dalam mitos Jawa anjing identik dengan kehadiran setan. bisa juga anjing sebagai perlambang hawa nafsu kita sendiri
dalam kitab dijelaskan kedatangan jin atau iblis jahat ditandai dengan lolongan anjing atau ringkikan kuda 

Menabrak kucing
Ini mitos yang sudah dikenal luas, kalau pas kita bepergian lalu tanpa sengaja menabrak kucing, hati-hati saja. Sebab bisa jadi kita  akan mengalami kecelakaan di jalan. dan biasanya orang yang menabrak kucing langsung berhenti lalu merawat bangkai kucing membungkus dengan baju yang dipakai lalu di letakkan di pinggir jalan, tidak lupa menaruh uang sekedarnya dekat bangkai kucing tersebut, penjelasan nya adalah, kucing memang salah satu hewan yang dilarang di bunuh (hadits nabi) di pinggirkan supaya tidak ditabrak pengendara lain yang akan lewat, menaruh uang itu maksudnya sodaqoh, sodaqoh itu menolak bala (hadits nya jelas)
barangkali ada yang mau mengubur bangkai kucing tersebut, uang yang di taruh boleh di ambil sebagai sodaqoh,  selama tidak meyakini bahwa kucing itu mempunyai kemampuan untuk mencelakakan kita,  maka tidak apa apa memperlakukan bangkai kucing seperti diatas dalam rangka menebus/menyesali kesalahan kita yang telah menabrak kucing tersebut, dan jangan lupa sodaqoh
dengan niat menolak bala karena alloh, baca sholawat 7x

 jika ketemu p0c0ngan / p0c0ng lalu sip0c0ng meludahi 0rang
maka 0rang itu akan segera meninggal, 

saya rasa si p0c0ng gak akan sempat meludah karna 0rang yang melihat keburu kabur / pingsan betul tidak??????
seperti kata pepatah
JANGAN lari dari masalah
tapi kalau masalahnya ketemu p0c0ng???
masa nggak lari,,,,,,,,,  


0rang meninggal hari jumat legi /jumat kliwon didaerah lain, kuburnya dijaga selama 7 /40 hari, kalau tidak kain kafan nya akan dicuri buat jimat atau ritual gaib (perdukunan)

hal ini memang umum terjadi, terlepas benar tidaknya mitos itu
namun ketika saya konfirmasi pada orang  tua, katanya dulu memang benar benar dicuri kafan nya kalau tidak dijaga makamnya
trus buat apa???? buat jimat supaya tidak kelihat / bisa ngilang/panglimunan versi ilmu hitam 
siapa yang memakai???? yang memakai adalah 0rang yang berprofesi sebagai pencuri, konon maling jaman dulu benar benar sakti, tiba tiba bisa menghilang karna terhalang selembar daun, karna si maling punya  ilmu hitam
hanya 0rang 0rang tertentu  yang bisa menangkap/ menandingi ilmunya,
   Kalau punya istri hamil jangan suka membunuh atau menyiksa hewan, nanti berakibat pada bayinya,
hal ini sering terjadi, istrinya hamil suaminya mer0bek mulut cicak ketika bayi lahir mulutnya (maaf ) jadi sumbing,hal  semacam ini sering terjadi tapi tidak selalu begitu, sebagai langkah pencegahan jangan suka menganiaya hewan apapun, jika terlanjur/kelupaan, bacalah istighfar dan berdoa semoga tidak berakibat pada bayi yang di kandung, biasanya orang jawa doanya lucu, ''Nyambat''  ''jabang  bayi lanang wedok'' hehehe



Dari berbagai koleksi mitos jawa diatas, Anda boleh percaya atau tidak.  saya sendiri  bisa yakin akan mitos kalau terdapat alasan dan buktinya,dan saya gak percaya kalau tidak ada dasar alasan maupun faktanya jadi tergantung mitos yang mana, Semoga sedikit artikel yang sederhana ini dapat bermanfaat dan menjadi motivasi kita dalam kehidupan ini.
harus hati hati menyikapi
jangan berlebihan mempercayai mitos namun  juga jangan menyepelekan,
sebaik baik perkara itu yang tengah tengah (hadits)

 bersambung update nanti.......

Wallohu a'lam 






Blog saya yang lain : ,,,